E-Book Cerdas Menyusun Tugas Akhir Dengan LibreOffice Writer

10/02/2015
E-Book Cerdas Menyusun Tugas Akhir Dengan LibreOffice Writer

Pengantar dari Onno W.Purbo

Di akhir dari sebuah studi kita biasanya perlu menulis sebuah skripsi, thesis bahkan disertasi. Kita biasanya akan dipusingkan oleh berbagai masalah tentang penelitian yang kita lakukan. Langkah/tahapan penyampaian data dan argumentasi agar apa yang kita teliti menjadi tampil dengan baik menjadi salah satu pokok pikiran yang banyak menyita energi.

Di sisi lain, teknik menulis skripsi yang baik mulai dari Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel bahkan penomoran bab, subbab, gambar, tabel cukup membuat pusing jika harus dilakukan secara manual. Akan lebih mudah jika semua dapat dilakukan secara automatis.

Kita cukup beruntung dengan adanya buku “Cerdas Menyusun Tugas Akhir dengan Writer” oleh Rustan dan Kamariah menjelaskan dengan sangat baik dan detail berbagai langkah yang dapat kita gunakan dalam menggunakan LibreOffice 3.3 yang open source untuk menulis skripsi. Berbagai kemudahan dalam membantu penulisan skripsi di jelaskan di buku tersebut.

Mudah-mudahan buku ini dapat membantu memperlancar para mahasiswa yang sedang menulis tugas akhir dan lulus sebagai sarjana.

Kata Pengantar

Tugas akhir seperti skripsi, tesis, dan disertasi merupakan salah satu kewajiban mahasiswa sebelum menyelesaikan masastudinya. Menyusun tugas akhir bukanlah hal yang mudah. Selain dipusingkan dengan apa yang harus ditulis, kita juga dihadapkan dengan persoalan tata cara penulisan tugas akhir itu sendiri.

Buku ini membahas tentang aturan penulisan tugas akhir dan cara penulisannya dengan LibreOffice 3.3 Writer. Pembahasan dilakukan secara selangkah demi selangkah sehingga mahasiswa yang belum terbiasa sekali pun dapat mengikuti langkah-langkah tersebut untuk mengoptimalkan LibreOffice 3.3 Writer dalam penulisan skripsi. Dengan mempraktikkan buku ini, mahasiswa akan memperoleh template yang dapat digunakan dalam penyusunan tugas akhir. Selain itu, dengan sedikit kreativitas mereka dapat membuat template sendiri untuk menyusun laporan, makalah, dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa hal yang biasa dilakukan secara manual :
• Penomoran bab dan subbab
• penomoran gambar, tabel, dan persamaan
• Penomoran gambar, tabel, dan persamaan sebagai penunjuk
• Pembuatan daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, dan daftar rujukan

Selain itu, penulisan dokumen biasanya dilakukan secara terpisah atau per bab. Artinya, jika ada 5 bab maka dibutuhkan 5 dokumen selain dokumen bagian awal ( kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, dan lain sebagainya). Hal ini tentunya tidak efisien apabila terjadi perubahan dalam dokumen misalnya nomor halaman, maka kita harus membuka satu per satu dokumen tersebut untuk mengubah nomor halamannya.

Buku ini disusun berdasarkan pengalaman penulis dalam menyelesaikan tugas akhir. Melalui buku ini, mahasiswa dapat mengoptimalkan fitur-fitur yang ada dalam LibreOffice 3.3 Writer sehingga hal-hal seperti di atas. Mahasiswa tidak lagi melakukan penyusunan daftar isi, daftar tabel, daftar rujukan, penomoran, dan lain sebagainya secara manual karena semua itu dapat dilakukan secara otomatis.

Pada kesempatan ini, penulis ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Onno W. Purbo yang telah memberikan bantuan yang luar biasa dalam penulisan buku ini. Terima kasih juga kepada Jushadi, K’ Arman, teman-teman komunitas Ubuntu Makassar yang telah mengenalkan Linux dan Open Source kepada penulis dan Relawan TIK khususnya regional timur. Terima kasih juga kepada Ayahanda Ahmad Yani, Jasruddin, Eko Hadi Sujiono, Nasrul Ihsan, Subaer, Agus Susanto. Aslim, dan ibunda Nurhayati serta bapak/ibu Dosen jurusan Fisika FMIPA UNM dan teman-teman asisten Laboratorium Komputer Fisika dan adinda Rabiatul Adawiyah.

Akhir kata semoga buku ini dapat menambah wawasan pembaca. Kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami hargai demi pengembangan buku ini. Semoga ke depan kami dapat terus berkarya untuk serta dalam mencerdaskan bangsa dan negara yang kita cintai ini.

Detail E-Book:
Judul E-Book:Cerdas Menyusun Tugas Akhir Dengan LibreOffice Writer
Tipe File:PDF
Pembuat/Penulis:Rustan, Kamariah
Website:-
Didistribusikan oleh:www.portalebookshare.blogspot.com

download

Dapatkan E-Book gratis terbaru langsung melalui alamat Email Anda

Perhatian

Bagaimana cara Mengunduh file E-Book di Portal E-Book Sharing, baca panduan-nya pada halaman ini
Apa itu E-Book dan Jenis - Jenisnya, silahkan Anda baca di halaman Mengenal Buku Elektronik Atau E-Book Dan Format-Nya

Apabila E-Book ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada yang lainnya melalui tombol Sosial Media yang berada di atas dari Website ini.
"Sebaik Baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain."
Informasi

Apabila Anda selaku pemilik atau penerbit merasa keberatan E-Book-nya dipublikasikan pada website ini, silahkan hubungi kami melalui halaman Kontak, kami akan segera menghapusnya.

Apabila menemukan tautan unduhan E-Book yang mati, silahkan laporkan melalui tautan ini, kami akan segera memperbaikinya.
Agar bisa membuka/mengekstrak file E-Book berupa arsip RAR atau ZIP yang sebelumnya telah diunduh, Anda bisa menggunakan aplikasi WinRar untuk Windows yang bisa diunduh disini dan aplikasi PeaZip untuk Linux, yang bisa diunduh disini

Dan untuk dapat membaca E-Book bertipe file PDF, Anda memerlukan sebuah aplikasi pembaca file PDF gratis seperti Adobe Acrobat yang bisa diunduh gratis disini, bagi pengguna Smartphone Android bisa menggunakan aplikasi seperti Adobe Acrobat For Mobile yang bisa diunduh melalui Google Play Store.

E-Book Lainnya

Selanjutnya
Sebelumnya