E-Book Ensiklopedia Pahlawan Nasional Indonesia

2/02/2020
E-Book Ensiklopedia Pahlawan Nasional Indonesia

E-Book Ensiklopedia Pahlawan Nasional Indonesia Pahlawan adalah tokoh yang dapat memberi "jawaban" atas "'tantangan" jamannya. Pahlawan umwnnya muncul dalam suasana jaman yang sulit, sehingga mendorong orang yang berjiwa besar tampil ke depan untuk mengatasi segala kesulitan itu. Daya dan kemampuan yang dimiliki dikerahkan sehingga lahirlah tindakan-tindakan yang mempunyai manfaat besar bagi masyarakat luas.

Bangsa Indonesia yang pernah dijajah selama ratusan tahun melahirkan banyak pribadi yang secara tepat dapat memberi jawaban terhadap tantangan jaman. Pribadi-pribadi tersebut kemudian dikukuhkan dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia menjadi Pahlawan Nasional. Sampai tahun 1996 bangsa Indonesia telah memiliki lebih dari 100 orang Pahlawan Nasional.

Buku Ensiklopedi PAHLAWAN NASIONAL ini memuat biografi singkat 90 orang pahlawan, merupakan salah satu hasil kegiatan rutin Subdit Sejarah, Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional. Buku ini mengungkapkan perjuangan tokoh-tokoh yang berjuang sebelum tahun 1900, masa Pergerakan Nasional (1900-1945), saat mempertahankan dan mengisi kemerdekaan termasuk para Pahlawan Revolusi.

Tokoh yang berjuang sebelum tahun 1900 pada tbnwnnya berjuang dengan mengangkat senjata. Tokoh-tokoh dari periode ini antara lain Sultan Agung, Sultan Hasanuddin, Nyi Ageng Serang, Cut Nyak Dien, Pangeran Antasari dan lain-lain.

Tokoh dari masa Pergerakan Nasional pada umumnya berjuang melalui hasil-hasil pemikirannya. Tokoh-tokoh dari periode ini antara lain dr. Sutomo, dr. Wahidin Sudirohusodo, RA. Kartini dan lain-lain. Sedang tokoh Pembela Kemerdekaan adalah tokoh-tokoh yang berjuang untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan, baik melalui perjuangan senjata seperti Jenderal Sudirman, I Gusti Ngurah Rai maupun melalui hasil pemikirannya seperti Arie Frederik Lasut, dr. Suharso dan lain-lain.

Sedangkan Pahlawan Revolusi adalah tokoh-tokoh yang menjadi korban Peristiwa G-30-S/PKI tahun 1965. Mereka ini antara lain Jenderal Ahmad Yani, Jenderal DI. Panjaitan, Brigjen Katamso dan lain-lain.

Buku ini ditulis bukan untuk mendewa-dewakan tokoh-tokoh didalamnya, namun untuk mengungkapkan peranan mereka yang layak dipelajari dan dijadikan tauladan. Mempelajari keteladanan tokoh-tokoh tersebut akan sangat besar manfaatnya dan dapat menimbulkan inspirasi khususnya pada generasi muda. di dalam menghadapi tantangan-tantangan masa depan.

Detail E-Book
Judul E-Book : Ensiklopedia Pahlawan Nasional Indonesia
Tipe File : PDF
Pembuat/Penulis : Sub Direktorat Sejarah Direktorat Sejarah Dan Nilai Tradisional Direktorat Jendral Kebudayaan
Website : Tidak Tersedia
Didistribusikan oleh : www.portalebookshare.blogspot.com

download

Dapatkan E-Book gratis terbaru langsung melalui alamat Email Anda

Perhatian

Bagaimana cara Mengunduh file E-Book di Portal E-Book Sharing, baca panduan-nya pada halaman ini
Apa itu E-Book dan Jenis - Jenisnya, silahkan Anda baca di halaman Mengenal Buku Elektronik Atau E-Book Dan Format-Nya

Apabila E-Book ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada yang lainnya melalui tombol Sosial Media yang berada di atas dari Website ini.
"Sebaik Baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain."
Informasi

Apabila Anda selaku pemilik atau penerbit merasa keberatan E-Book-nya dipublikasikan pada website ini, silahkan hubungi kami melalui halaman Kontak, kami akan segera menghapusnya.

Apabila menemukan tautan unduhan E-Book yang mati, silahkan laporkan melalui tautan ini, kami akan segera memperbaikinya.
Agar bisa membuka/mengekstrak file E-Book berupa arsip RAR atau ZIP yang sebelumnya telah diunduh, Anda bisa menggunakan aplikasi WinRar untuk Windows yang bisa diunduh disini dan aplikasi PeaZip untuk Linux, yang bisa diunduh disini

Dan untuk dapat membaca E-Book bertipe file PDF, Anda memerlukan sebuah aplikasi pembaca file PDF gratis seperti Adobe Acrobat yang bisa diunduh gratis disini, bagi pengguna Smartphone Android bisa menggunakan aplikasi seperti Adobe Acrobat For Mobile yang bisa diunduh melalui Google Play Store.

E-Book Lainnya

Selanjutnya
Sebelumnya