24 E-Book PDF Literatur Belajar Sistem Operasi Linux

2/18/2016
24 E-Book PDF Literatur Belajar Sistem Operasi Linux

24 E-Book PDF Literatur Belajar Sistem Operasi Linux adalah beberapa kumpulan ebook dalam bentuk PDF untuk belajar atau yang ingin mendalami sistem operasi open source linux.

Detail E-Book:
Judul E-Book:Literatur Belajar Sistem Operasi Linux
Tipe File:PDF
Pembuat/Penulis:Multi Author
Website:-
Sumber:ubuntu-indonesia.com/forums/ubbthreads.php/topics/89512/PDF_Buku_Buku_Literatur_Linux
Pembuat Artikel:Malsasa
Profile User:ubuntu-indonesia.com/forums/ubbthreads.php/users/2808
Didistribusikan oleh:www.portalebookshare.blogspot.com

E-Book 1

Judul: Pengantar Sistem Operasi Komputer
Tebal: 526 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Indonesia
Penulis: Masyarakat Digital Gotong Royong (MDGR/100 lebih penulis)
Ukuran: 6,5 MB
Komentar : Inilah buku teknis paling hebat (menurut saya) yang saya miliki di hard disk saya. Ketika 16 tahun saya membacanya dan ini sangat banyak menambah pengetahuan saya tentang salah satu bidang ilmu komputer yang paling besar: sistem operasi. Di dalamnya ada penjelasan-penjelasan yang sangat banyak dan lengkap tentang sistem operasi. Mungkin istilah yang tepat adalah membedah. Dan sistem operasi yang dijadikan contoh umum di buku ini adalah Linux. Buku ini sangat saya rekomendasikan buat Anda yang serius dalam mempelajari sistem operasi, entah Anda siswa SMP, SMA, kuliahan, atau bahkan sudah dosen. Buku semacam ini banyak tersedia di http://bebas.vlsm.org karena saya sendiri mengambil buku ini dari sana

Lewat Google Drive

E-Book 2

Judul: Cepat Mahir Linux
Tebal: 50 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Indonesia
Penulis: Romi Satria Wahono
Ukuran: | 1,1 MB
Komentar : Ini salah satu buku yang saya ambil banyak manfaatnya ketika belajar Linux pada masa awal. Karena saya otodidak, maka buku semacam ini sangat saya perlukan. Anda yang sekarang menempuh pembelajaran Linux secara otodidak akan sangat terbantu dengan membaca buku ini. Anda akan dibawa dengan penjelasan yang mudah ala Pak Romi yang harus diakui beliau seorang pejuang Linux Indonesia yang sangat gigih. Anda dapat memperoleh buku yang seperti ini dari http://ilmukomputer.com karena saya ambil buku ini dari sana

Lewat Google Drive

E-Book 3

Judul: Administrasi Jaringan Linux
Tebal: 50 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Indonesia
Penulis: Anton Raharja, Afri Yuniantoro, Wisesa Widyantoro, editornya I Made Wiryana
Ukuran: 153 KB
Komentar : Ini termasuk buku yang paling jarang saya baca. Buku ini membahas jaringan internet dasar, topologi jaringan, server Samba, server FTP, server DNS, server web, mail sever, proxy server berbasis Squid, dasar-dasar keamanan jaringan, berbasiskan Linux. Anda akan dipandu menjadi seorang admin jaringan berbasis Linux. Kiranya Anda yang sedang mempelajari jaringan di Linux akan terbantu dengan buku ini.

Lewat Google Drive

E-Book 4

Judul: Pengenalan Linux
Tebal: 36 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Indonesia
Penulis: Anton Raharja, Afri Yuniantoro, Wisesa Widyantoro, editornya I Made Wiryana
Ukuran: 107 KB
Komentar : Buku ini termasuk buku lawas saya. Buku ini sangat mendasar karena membahas seputar pemahaman awal tentang Linux, perbedaannya dari Windows, cara instalasi Linux, perintah dasar Linux, aplikasi dasar, dan sistem X Window. Ini kiranya sangat penting untuk pembelajar Linux di mana pun guna mendasari pemahaman tentang Linux yang jelas beda dari Windows.

Lewat Google Drive

E-Book 5

Judul: Administrasi Sistem Linux
Tebal: 32 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Indonesia
Penulis: Anton Raharja, Afri Yuniantoro, Wisesa Widyantoro, editornya I Made Wiryana
Ukuran: 91 KB
Komentar : Buku ini termasuk lawas di hard disk saya. Buku ini menjelaskan bagaimana Anda dapat mengatur Linux yang Anda miliki sekehendak Anda. Ya judulnya saja administrasi Anda akan dipandu untuk memanajemen pengguna dan grup, mengontrol dan memonitor proses, mengatur booting dan proses init, memanajemen media penyimpanan dan media lainnya, lalu terakhir mengompilasi kernel. Mungkin tidak seluruh isi buku bisa dipahami oleh pemula namun ada bagian buku yang mungkin Anda butuhkan.

Lewat Google Drive

E-Book 6

Judul: Antara Windows dan Linux
Tebal: 3 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Indonesia
Penulis: Hendrik
Ukuran: 110 KB
Komentar : Tidak usah kaget dengan tebalnya. Meski hanya 3 halaman, di dalamnya ada faedah yang bisa diambil yaitu perbandingan singkat Windows dan Linux. Di dalamnya ada tabel singkat perbandingan aplikasi Windows dan Linux. Ini mungkin justru memudahkan Anda yang masih bingung dengan Linux. Ya, karena singkat

Lewat Google Drive

E-Book 7

Judul: Petunjuk Instalasi Linux SUSE
Tebal: 97 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Indonesia
Penulis: I Made Wiryana dan Tim PANDU
Ukuran: 12 MB
Komentar saya: Ini juga buku yang jarang saya baca. Di dalamnya Anda akan menemukan petunjuk dasar instalasi SUSE dan pengenalan dasar terhadap komputer ala I Made Wiryana (beliau adalah salah satu pakar Linux Indonesia). Karena keumumannya, buku ini dapat dijadikan rujukan untuk instalasi dan mengenal distro Linux jenis lainnya (tidak harus SUSE). Buku ini kiranya tepat untuk Anda yang senang baca dan senang menambah wawasan teknis masalah Linux.

Lewat Google Drive

E-Book 8

Judul: Pengenalan Linux
Tebal: 6 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Indonesia
Penulis: Sri Rahayu
Ukuran: 68 KB
Komentar saya: Sebuh perkenalan singkat dengan Linux dari Bu Sri Rahayu. Perkenalan singkat ini berisikan sejarah singkat Linux, perbandingan singkat, kelebihan Linux, bagian sistem operasi, dan bagian kernel Linux.

Lewat Google Drive

E-Book 9

Judul: Sistem Berkas GNU/Linux
Tebal: 41
Harga: Gratis
Bahasa: Indonesia
Penulis: Rahmat M. Samik Ibrahim
Ukuran: 741 KB
Komentar : Ini sebenarnya presentasi yang dibuat dengan OpenOffice Impress dan diekspor ke PDF oleh Pak Rahmat. Buku ini berisi pengetahuan mengenai sistem berkas (file system) di Linux. Penjelasan dalam buku ini meliputi Konsep Umum Sistem Operasi , Konsep Sistem Operasi, GNU/Linux , Distro GNU/Linux , Beberapa Perintah GNU/Linux , Manajemen Sistem Berkas , dan
Filesystem Hierarchy Standard . Saya rekomendasikan membaca ini untuk Anda yang ingin tahu sistem berkas secara umum. Buku seperti ini dapat Anda peroleh di http://bebas.vlsm.org.

Lewat Google Drive

E-Book 10

Judul: Memperkenalkan GNU/Linux
Tebal: 21 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Indonesia
Penulis: Rahmat M. Samik Ibrahim
Ukuran: 135 KB
Komentar : Inilah presentasi dalam wujud PDF yang bermanfaat untuk mengenal Linux secara mendasar. Debian menjadi contoh pembahasan dalam buku ini. Anda akan dipandu Pak Rahmat (salah satu ahli Linux Indonesia) memilih distro.

Lewat Google Drive

E-Book 11

Judul: Training for Trainer Igos Nusantara
Tebal: 32
Harga: Gratis
Bahasa: Indonesia
Penulis: Kurniadi
Ukuran: 345 KB
Komentar : Ini juga presentasi era lama yang masih juga berlaku hingga sekarang. Buku ini sebetulnya dikhususkan untuk pelatih namun siapa pun kiranya dapat mengambil manfaat dari buku ini. Anda akan memperoleh pengetahuan seputar Pengenalan Linux, Instalasi Linux, Linux Command, Gnome dan aplikasi, Konfigurasi sistem, Konfigurasi Jaringan, File sharing, Instal & uninstal software, Dokumentasi, dan Komunitas Linux dari dalam buku ini. Saya berani memasukkan buku ini di sini karena saya dapatkan buku ini dari http://bebas.vlsm.org. Kiranya Anda yang baru memulai belajar Linux pun dapat mengambil manfaat dari buku ini.

Lewat Google Drive

E-Book 12

Judul: Sistem Operasi - Proses pada Linux
Tebal: 26 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Indonesia
Penulis: Mohammad Fajar
Ukuran: 112 KB
Komentar : Ini buku yang jarang saya baca. Buku ini berusaha mengupas tentang konsep dasar proses pada sistem operasi khususnya sistem operasi Linux seperti identifikasi proses, pembuatan proses, dan komunikasi proses menggunakan signal. Buku ini kiranya cocok untuk Anda yang ingin mengetahui konsep proses di Linux, bagaimana mematikannya, dan bagaimana mengelolanya.

Lewat Google Drive

E-Book 13

Judul: Belajar Linux Mandiri
Tebal: 4 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Indonesia
Penulis: Romi Satria Wahono dan M. Choirul Amri
Ukuran: 212 KB
Komentar : Ini merupakan buku dasar yang bisa diambil manfaatnya oleh pemula. Buku ini membawakan bagaimana memilih distro Linux, mendapatkan CD Linux, instalasi Linux secara singkat, bekerja dengan Linux dan administrasinya, dan beberapa pranala rujukan belajar.

Lewat Google Drive

E-Book 14

Judul: Pemula PLOS Mencoba Linux
Tebal: 25 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Indonesia
Penulis: Dani Iswara
Ukuran: 2,3 MB
Komentar : Ini presentasi dalam bentuk buku yang dulu saya baca dan saya ambil banyak manfaat darinya. Saya dapatkan pengetahuan tentang distro Linux, tentang bagaimana PLOS (perangkat lunak open source) itu, tentang adanya perang distro, saya melihat skrinsot GNOME yang sangat mengesankan buat saya waktu itu, saya tahu beberapa komunitas Linux Indonesia, dan beberapa lainnya. Saya bahkan masih ingat sampai sekarang kalimat ini: Batasnya adalah kemampuan pengguna! Sebuah nasihat teknis yang baik buat saya. Saya sangat menyarankan untuk pengetahuan teknis para pemula, bacalah buku ini.

Lewat Google Drive

E-Book 15

Judul: Membangun Paket Debian yang Bersih dengan pbuilder
Tebal: 82 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Indonesia
Penulis: Iwan Setiawan alias stwn
Ukuran: 517 KB
Komentar : Ini termasuk buku yang baru buat saya tetapi saya kagum ketika membacanya. Saya mengagumi tata bahasa dan keengganan penulisnya untuk menggunakan istilah Inggris. Penulis menggunakan bahasa Indonesia untuk menjelaskan kata-kata Inggris semisal file, server, online, dsb. Keren dan sangat percaya diri, menurut saya. Sungguh jarang saya temukan penulis yang demikian. Buku ini kiranya sesuai untuk pengguna Linux level mengengah ke atas, dan mungkin kurang sesuai untuk level pemula. Tapi tidak mustahil cocok untuk mereka yang ingin tahu bagaimana sih yang namanya pemaketan aplikasi di Linux itu. Anda akan ditunjukkan bagaimana suatu kode sumber diubah menjadi deb yang Anda gunakan untuk menginstal program setiap hari itu oleh pemaket. Anda akan memperoleh penjelasan yang gamblang di sini, langsung dari ahlinya. Ya, Pak Iwan itu

Lewat Google Drive

E-Book 16

Judul: NASM The Netwide Assembler
Tebal: 221 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Inggris
Penulis: The NASM Development Team
Ukuran: 711 KB
Komentar : Memang buku ini baru 2 bulan ada di hard disk saya. Namun ini buku yang hebat! Sebuah buku panduan dari tim NASM untuk menjelaskan program mereka: NASM. NASM adalah sebuah assembler di Linux yang sangat tangguh. Ia bisa membuat program untuk Linux maupun Windows. Memang ia punya sintaks yang berbeda dari Turbo Assembler (TASM) tetapi ia memiliki buku ini dan konsep yang bagus. Anda yang bersikeras belajar assembly di Linux dan menghindari menggunakan TASM, akan membutuhkan buku ini. Buku ini juga berisi pengetahuan-pengetahuan yang kaya sekali mengenai assembly di Linux. Saya malah berkeinginan NASM menggantikan TASM secara total di dalam pelajaran-pelajaran sekolah kita demi memegang penghargaan terhadap hak jual orang lain. Saya tak dapat menjelaskan banyak tentang buku ini maka Ukuranlah dan baca sendiri

Lewat Google Drive

E-Book 17

Judul: PCLinuxOS Installation Guide
Tebal: 27 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Inggris
Penulis: Texstar dan Tim PCLinuxOS
Ukuran: 521 KB
Komentar : Ini sebuah buku panduan instalasi ramah tamah untuk pengguna PCLinuxOS.

Lewat Google Drive

E-Book 18

Judul: PCLinuxOS Live CD Guide
Tebal: 30 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Inggris
Penulis: Texstar dan Tim PCLinuxOS
Ukuran: 721 KB
Komentar saya: Ini sebuah buku panduan penggunaan modus Live CD untuk pengguna PCLinuxOS. Seumur hidup, saya baru kali ini nemu panduan untuk modus Live CD. Biasanya yang ada cuma User Guide dan Installation Guide. Baguslah, ini bisa memperkaya wawasan kita yang ingin mengetahui secara umum Linux dan PCLinuxOS secara khusus.

Lewat Google Drive

E-Book 19

Judul: PCLinuxOS User Guide
Tebal: 79 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Inggris
Penulis: Texstar dan Tim PCLinuxOS
Ukuran: 2,8 MB
Komentar saya: Ini sebuah buku manual ramah-tamah lengkap untuk pengguna PCLinuxOS. Ini semacam ebook FUI tapi diperuntukkan PCLinuxOS. Namanya saja user guide, isinya pasti perkenalan, bagaimana melakukan jelajah web, bagaimana main surel, bagaimana mengatur audio, bagaimana menggunakan aplikasi perkantoran/office, bagaimana instal program, dsb. Saya belum bisa banyak berkomentar karena saya belum membaca ini. Yah, sampai sekarang saya belum coba PCLinuxOS

Lewat Google Drive

E-Book 20

Judul: QuantumGIS User Guide
Tebal: 76 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Inggris
Penulis: Gary E. Sherman , Tim Sutton , Radim Blazek (GRASS) , dan Lars Luthman (GPS Plugin)
Ukuran: 2 MB
Komentar : Inilah buku yang sebenarnya ingin saya bagikan pertama kali di sini. Setelah beberapa hari, saya baru sadar Kok nggak yang lain sekalian? hingga saya putuskan membagi yang lain juga di sini. Buku ini sebetulnya panduan penggunaan QuantumGIS, sebuah aplikasi open source untuk Geographic Information System. Namun dari buku ini, Anda dapat mengambil pengetahuan tentang GIS yang cukup banyak. Di antaranya Anda akan tahu kalau program GIS pada umumnya berbayar dan mahal. Nah, QuantumGIS ini gratis dan open source. Anda dapat mengamati dunia dengannya, mengambil sampel satu kota, mengamati keadaan geografis suatu daerah, main-main dengan GPS, membuat jalur perjalanan dari titik a ke b dunia, dan sebagainya. Ketertarikan saya terhadap GIS-lah yang mendorong saya untuk mengenal QuantumGIS. Kini ia adalah salah satu aplikasi GIS terkemuka di Linux dan bersaing dengan ArcGIS di Windows. Kiranya buku ini cocok untuk Anda yang tertarik dengan kegiatan pengindraan jauh dan ke-geografi-an digital. Yah, rasanya saya senang sekali pas pertama kali memperoleh buku ini

Lewat Google Drive

E-Book 21

Judul: Quantum GIS 5 Minute Tour
Tebal: 15 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Inggris
Penulis: Tim Sutton
Ukuran: MB
Komentar : Ini sebuah buku kecil berisi penjelasan singkat nan mendasar tentang QuantumGIS dari sang pengembangnya langsung. Anda akan diperlihatkan tentang begini lho GIS itu.... Tidak usah banyak kata. Langsung baca saja

Lewat Google Drive

E-Book 22

Judul: Linux Shell Scripting Tutorial v1.05r3 - A Beginner's handbook
Tebal: 272 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Inggris
Penulis: Vivek G. Gite (dari India)
Ukuran: 1,1 MB
Komentar: Ini adalah buku panduan lengkap belajar shell script di Linux. Buku yang tebal ini saya ambil manfaatnya bersama buku Advanced Bash-Scripting Guide untuk belajar shell scripting. Di dalamnya terdapat penjelasan dan contoh yang gamblang lagi gampang diaplikasikan. Ketika mempelajarinya, saya sering begitu sendiri karena terkejut Begitu rupanya kecanggihan shell Saya rekomendasikan buku ini dengan sangat kepada Anda yang ingin menekuni shell scripting. Buku ini akan cocok dipelajari baik pemula maupun mahir.

Lewat Google Drive

E-Book 23

Judul: Advanced Bash-Scripting Guide
Tebal: 891 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Inggris
Penulis: Mendel Cooper
Ukuran: 2,7 MB
Komentar: Inilah buku teknis paling tebal yang saya miliki saat ini. Buku ini adalah panduan teknis pemrograman shell atau istilahnya shell scripting. Buku ini menjelaskan pemrogramannya dengan contoh-contoh yang sangat kaya disertai komentar. Buku ini menuntun pembacanya agar menjadi ahli shell scripting. Kiranya ini akan sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin mendalami shell scripting dan melakukan otomasi di Linux. Barangkali suatu saat Anda bisa membuat Linux menjadi lebih otomatis daripada Windows dengan keahlian shell scripting Anda Sungguh menyenangkan teknologi berbasis open source itu. Buku yang semestinya berharga mahal (> 800 halaman, bayangkan!) malah dilepas gratis untuk memintarkan pembacanya. Saya rekomendasikan ini untuk Anda yang mempelajari shell scripting.

Lewat Google Drive

E-Book 24
Judul: Sun xVM VirtualBox
Tebal: 221 halaman
Harga: Gratis
Bahasa: Inggris
Penulis: Sun Microsystems, Inc.
Ukuran: 3,9 MB
Komentar : Buku ini adalah pegangan saya ketika menjajal Linux di VirtualBox kala SMP. Ketika itu saya menggunakan tuan rumah Windows XP dan tamu Linux saya Puppy. Buku ini saya jadikan rujukan satu-satunya untuka memahami Virtualbox dan konsep virtualisasinya. Dari buku ini saya peroleh banyak sekali manfaat dan tumbuh ketertarikan saya di bidang virtualisasi meski sedikit. Buku ini meskipun subjektif untuk VirtualBox, tetapi dapat dipelajari untuk memahami konsep mesin virtual secara umum. Saya rekomendasikan buku ini untuk pengguna VirtualBox maupun untuk yang sedang belajar virtualisasi laugh

Lewat Google Drive

Dapatkan E-Book gratis terbaru langsung melalui alamat Email Anda

Perhatian

Bagaimana cara Mengunduh file E-Book di Portal E-Book Sharing, baca panduan-nya pada halaman ini
Apa itu E-Book dan Jenis - Jenisnya, silahkan Anda baca di halaman Mengenal Buku Elektronik Atau E-Book Dan Format-Nya

Apabila E-Book ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada yang lainnya melalui tombol Sosial Media yang berada di atas dari Website ini.
"Sebaik Baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain."
Informasi

Apabila Anda selaku pemilik atau penerbit merasa keberatan E-Book-nya dipublikasikan pada website ini, silahkan hubungi kami melalui halaman Kontak, kami akan segera menghapusnya.

Apabila menemukan tautan unduhan E-Book yang mati, silahkan laporkan melalui tautan ini, kami akan segera memperbaikinya.
Agar bisa membuka/mengekstrak file E-Book berupa arsip RAR atau ZIP yang sebelumnya telah diunduh, Anda bisa menggunakan aplikasi WinRar untuk Windows yang bisa diunduh disini dan aplikasi PeaZip untuk Linux, yang bisa diunduh disini

Dan untuk dapat membaca E-Book bertipe file PDF, Anda memerlukan sebuah aplikasi pembaca file PDF gratis seperti Adobe Acrobat yang bisa diunduh gratis disini, bagi pengguna Smartphone Android bisa menggunakan aplikasi seperti Adobe Acrobat For Mobile yang bisa diunduh melalui Google Play Store.

E-Book Lainnya

Selanjutnya
Sebelumnya