E-Book Landasan Psikologis Pendidikan Islam

2/06/2023
E-Book Landasan Psikologis Pendidikan Islam

E-Book Landasan Psikologis Pendidikan Islam Itulah isi buku ini, basmalah dan hamdalah, yang merefleksikan kepasrahan dan keyakinan kepada pengaturan TuhanYang Maha Bijaksana. Keyakinan ini merupakan dasar dari seluruh ikhtiar kependidikan. Dasar keyakinan akan mewarnai seluruh bangunan kegiatan yang ada di atasnya.

Jika rumusan teori pendidikan itu didasarkan atas keyakinan kepada adanya zat Tuhan, sifat-sifat-Nya, dan berbagai perbuatan-Nya, maka perumus hakiki teori pendidikan adalah Tuhan, pendidik hakiki adalah Tuhan, materi pembelajaran yang pertama dan utama adalah tentang ketuhanan, penilai hakiki adalah Tuhan, dan seluruh kegiatan pendidikan itu dilaksanakan oleh Tuhan karena Dia Rabbul, Alamin.

Itulah frasa dalam surah al-Fatihah yang menjadi landasan utama pendidikan Islam, yang akan sangat bervariasi selaras dengan perspektif para penafsirnya. Variasi ini diperlukan untuk menopang bangunan di atasnya sehingga menjadi kokoh dan kuat. Landasan itu dapat bersifat filosofis, sosiologis, antropologis, psikologis, dan landasan lainnya. Semua landasan ini termaktub dalam Alquran dan Assunnah. Namun, buku ini hanya akan menghampiri landasan psikologis.

Itulah landasan pada Bab 1 yang menyuguhkan pemikiran bahwa kepercayaan, keimanan, dan keyakinan kepada Tuhan merupakan landasan pendidikan Islam, bahkan ilmu pendidikan yang dikembangkan pun berbasis pada keimanan. Saya meyakini kebenaran pemikiran ini karena seorang akademisi atau peneliti tidak dapat bekerja tanpa memiliki kepercayaan atau keyakinan bahwa data yang dikumpulkannya memiliki kecenderungan tertentu; bahwa antara gejala X dan gejala Y dipercayai memiliki hubungan tertentu; bahwa berbagai fenomena dan realitas itu diyakini mengandung hukum, prinsip, dan aturan tertentu.

Jika peneliti tidak memiliki keyakinan atau kepercayaan, untuk apa dia meneliti? Itulah landasan kepercayaan dan keimanan yang harus dimiliki oleh seorang Muslim, baik sebagai individu atau sebagai anggota masyarakat. Karena itu, pada Bab 2 disuguhkan paparan bahwa masyarakat Muslim itu dibangun dari individu-individu Muslim yang akan membangun kebudayaan dan peradabannya.

Jika dalam konteks lain dipercayai bahwa kebudayaan itu dibangun di atas tonggak-tonggak dan prestasi kebudayaan sebelumnya, maka dalam perspektif Islam, kebudayaan itu dapat saja dibangun di atas lahan yang sudah dibersihkan dari kebudayaan sebelumnya yang sekuler dan politheistik. Islam membangun kebudayaan dengan membersihkan sistem kepercayaan yang ada sebelumnya.

Itulah lahan yang tepat untuk menyemai prinsip-prinsip umum pendidikan yang akan dijadikan panduan dalam membangun kebudayaan yang lebih baik, yaitu kebudayaan Islam. Prinsip tersebut dirumuskan oleh Nabi Muhammad saw. dengan berlandaskan pada wahyu, yang kemudian diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Prinsip tersebut meliputi karakteristik umum pendidikan Islam, sasaran pendidikan, etika pendidikan, dan prinsip pendidikan lainnya yang disajikan dalam Bab 3.

Itulah prinsip yang kemudian dikembangkan pada Bab 4 secara operasional dalam menelaah manusia, terutama tentang bagaimana manusia diciptakan, daya yang dimiliki manusia, interaksi di antara berbagai daya manusia, dan bagaimana memahami jiwa manusia.

Pembahasan ini menyimpulkan bahwa manusia diciptakan Allah Ta'ala dengan dibekali sejumlah potensi, karakter, bahan ciptaan yang istimewa, dan struktur yang sangat baik. Potensi dan semua anugerah ini perlu dibina, dikembangkan, ditingkatkan, dan diarahkan melalui sistem pendidikan Islam, sehingga manusia menjadi makhluk yang lebih baik daripada binatang, menjadi mu'min-muttaqin, menjadi bagian dari umat terbaik (khairu ummah), dan umat moderat (ummah wasathan).

Itulah isi buku ini secara umum. Jika para pembaca berkenan untuk mengkritik, memberi masukan, dan menyampaikan saran perbaikan terhadap paparan ini, maka sebagian dari tujuan penulisan buku ini telah tercapai. Saran itu sangat diharapkan untuk mencapai tujuan utama, yaitu memberikan warna religiusitas dan spiritualitas terhadap pendidikan di Indonesia.

Ya Allah al-Ghaffar, ampunilah kesalahan, kekeliruan, dan kebodohan saya. Terimalah karya yang teramat bersahaja ini sebagai pelayanan bagi kemuliaan risalah-Mu. Amin.
Detail E-Book
Judul E-Book : Landasan Psikologis Pendidikan Islam
Tipe File : PDF
Pembuat/Penulis : Syihabuddin / Universitas Pendidikan Indonesia
Website : https://www.upi.edu/
Didistribusikan oleh : www.portalebookshare.blogspot.com
download

Dapatkan E-Book gratis terbaru langsung melalui alamat Email Anda

Perhatian

Bagaimana cara Mengunduh file E-Book di Portal E-Book Sharing, baca panduan-nya pada halaman ini
Apa itu E-Book dan Jenis - Jenisnya, silahkan Anda baca di halaman Mengenal Buku Elektronik Atau E-Book Dan Format-Nya

Apabila E-Book ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada yang lainnya melalui tombol Sosial Media yang berada di atas dari Website ini.
"Sebaik Baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain."
Informasi

Apabila Anda selaku pemilik atau penerbit merasa keberatan E-Book-nya dipublikasikan pada website ini, silahkan hubungi kami melalui halaman Kontak, kami akan segera menghapusnya.

Apabila menemukan tautan unduhan E-Book yang mati, silahkan laporkan melalui tautan ini, kami akan segera memperbaikinya.
Agar bisa membuka/mengekstrak file E-Book berupa arsip RAR atau ZIP yang sebelumnya telah diunduh, Anda bisa menggunakan aplikasi WinRar untuk Windows yang bisa diunduh disini dan aplikasi PeaZip untuk Linux, yang bisa diunduh disini

Dan untuk dapat membaca E-Book bertipe file PDF, Anda memerlukan sebuah aplikasi pembaca file PDF gratis seperti Adobe Acrobat yang bisa diunduh gratis disini, bagi pengguna Smartphone Android bisa menggunakan aplikasi seperti Adobe Acrobat For Mobile yang bisa diunduh melalui Google Play Store.

E-Book Lainnya

Terbaru
Sebelumnya