E-Book Kamus Sunda-Indonesia

2/05/2023
E-Book Kamus Sunda-Indonesia

E-Book Kamus Sunda-Indonesia Kamus Sunda-Indonesla ini disusun untuk memenuhi kebutuhan sarana pembinaan dan pengembangan bahasa Sunda sebagai salah satu bahasa daerah di Indonesia yang menjadi pendukung bahasa dan kebudayaan nasional kita.

Kamus ini juga dimaksudkan untuk memenuhi keperluan media pengajaran bahasa Sunda bagi para peminat, terutama para peminat yang bukan penutur asli bahasa Sunda, yang ingin mempelajari atau meneliti bahasa dan sastra Sunda.

Sesuai dengan maksud dan tujuan tersebut di atas, Kamus Sunda—Indonesia ini selain mengandung isi perbendaharaan kata (leksikon) bahasa Sunda yang mencakup lebih dari 9.000 entri dengan keterangan arti atau padanannya dalam bahasa Indonsia serta contoh-contoh pemakaiannya dalam ungkapan dengan terjemahannya dalam bahasa Indonesia, juga berisi informasi yang agak lengkap mengenai: (1) kedudukan, fungsi, serta perkembangan bahasa Sunda, (2) fonologi, (3) morfologi, dan (4) sintaksis bahasa Sunda yang disajikan pada bagian Pendahuluan kamus ini.

Penyusunan Kamus Sunda—Indonesia ini merupakan wujud kerja sama yang nyata antara Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa dengan Lembaga Basa jeung Sastra Sunda (LBSS).

Hal ini tercermin pula dari susunan personalia penyusun kamus ini yang terdiri atas tenaga-tenaga dari kedua lembaga tersebut, serta sumber data utama yang dipergunakan dalam penyusunan kamus ini, yaitu (1) Kamus Umum Basa Sunda (LBSS) dan (2) Kamus Umum Bahasa Indonesia (WJ.S. Purwadarminta) yang telah diolah kembali oleh Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Penyusunan kamus ini dimungkinkan karena adanya dana pembangunan yang disalurkan melalui Proyek Pengembar gan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Sehubungan dengan ini, penyusun ingin menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Pemimpin Proyek atas kepercayaan yang telah dilimpahkan kepada penyusan untuk menyelesaikan kamus ini dengan biaya yang disediakan oleh Proyek.

Penyusun juga ingin menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada Kepala Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (Prof. Dr. Amran Halim), Pengurus LBSS, para konsultan (Dra. Sri Sukesi Adiwimarta dan Dr. Ayatrohaedi), para pembantu tata usaha (Sdr. Warkim Harnaedi dkk.), dan semua pihak yang telah memberikan bantuan, baik langsung maupun tidak langsung, sehingga memungkinkan penyusun dapat menyiapkan kamus ini.

Kamus Sunda - Indonesia ini masih jauh dari kesempurnaan dan bahkan di sana-sini mungkin terdapat beberapa kekeliruan. Oleh karena itu, tegur sapa demi perbaikan kamus ini senantiasa penyusunan nantikan dengan segala senang hati.

Akhirul kalam, semoga kehadiran kamus ini akan menambah khazanah kepustakaan bahasa kita serta bermanfaat bagi pembinaan dan pengembangan bahasa nasional.

Detail E-Book
Judul E-Book : Kamus Sunda-Indonesia
Tipe File : PDF
Pembuat/Penulis : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta
Website : https://www.kemdikbud.go.id/
Didistribusikan oleh : www.portalebookshare.blogspot.com
download

Dapatkan E-Book gratis terbaru langsung melalui alamat Email Anda

Perhatian

Bagaimana cara Mengunduh file E-Book di Portal E-Book Sharing, baca panduan-nya pada halaman ini
Apa itu E-Book dan Jenis - Jenisnya, silahkan Anda baca di halaman Mengenal Buku Elektronik Atau E-Book Dan Format-Nya

Apabila E-Book ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada yang lainnya melalui tombol Sosial Media yang berada di atas dari Website ini.
"Sebaik Baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain."
Informasi

Apabila Anda selaku pemilik atau penerbit merasa keberatan E-Book-nya dipublikasikan pada website ini, silahkan hubungi kami melalui halaman Kontak, kami akan segera menghapusnya.

Apabila menemukan tautan unduhan E-Book yang mati, silahkan laporkan melalui tautan ini, kami akan segera memperbaikinya.
Agar bisa membuka/mengekstrak file E-Book berupa arsip RAR atau ZIP yang sebelumnya telah diunduh, Anda bisa menggunakan aplikasi WinRar untuk Windows yang bisa diunduh disini dan aplikasi PeaZip untuk Linux, yang bisa diunduh disini

Dan untuk dapat membaca E-Book bertipe file PDF, Anda memerlukan sebuah aplikasi pembaca file PDF gratis seperti Adobe Acrobat yang bisa diunduh gratis disini, bagi pengguna Smartphone Android bisa menggunakan aplikasi seperti Adobe Acrobat For Mobile yang bisa diunduh melalui Google Play Store.

E-Book Lainnya

Selanjutnya
Sebelumnya