E-Book Membuat Dokumen Dengan Latex

11/02/2016
E-Book Membuat Dokumen Dengan Latex
E-Book Membuat Dokumen Dengan Latex TEX adalah bahasa pemrograman yang diciptakan khusus dan menjadi bagian utama dari sistem pengaturan teks hasil pengetikan (typesetting system) yang menghasilkan dokumen/publikasi teks dan matematis yang berkualitas. TEX diciptakan oleh Prof. Donald Knuth sekitar tahun 1978. Awalnya pada akhir tahun 1970 Prof. Donald Knuth menciptkan TEX untuk merivisi volume kedua dari magnum opus-nya1 yaitu buku The Art of Computer Programming; karena banyak simbol matematika yang tidak dapat dicetak dengan sempurna pada masa itu.

Dalam pengembangannya, TEX tersedia untuk digunakan dalam berbagai macam komputer dan sistem operasi dan dirancang secara spesifik sehingga file masukan (file yang mengandung perintah-perintah pengolah kata, ini bukan sistem WYSIWYG2) akan menjadi portabel, dan bisa menghasilkan keluaran yang sama di segala macam sistem operasi yang memrosesnya - pemenggalan kata yang sama, pergantian baris, penggantian halaman, dll.

Pada tahun 1985 Leslie Lamport di Digital Equipment Corporation menciptakan LATEX. LATEX merupakan user interface dari TEX. Leslie menciptakan LATEX untuk mengotomatisasi semua perintah umum untuk menyiapkan sebuah dokumen. Dengan menggunakan LATEX antara penulis dengan typesetter dapat dengan mudah menggunakan kemampuan pengaturan tulisan yang dimiliki oleh TEX tanpa harus memahami underlying language. LATEX sangat dianjurkan untuk semua orang kecuali professional typographic programmer and peneliti komputer, yang ingin mempelajari TEX.

Saat ini LATEX dan TEX tersedia bebas di Internet dan dapat digunakan oleh perorangan. ALTEX pada dasarnya adalah program yang dibuat sebagai typesetting tool. Secara garis besar langkah pembuatan dokumen menggunakan LATEX adalah sebagai berikut : Mula-mula dokumen diketik pada suatu text editor, kemudian ditambahkan perintah-perintah LATEX untuk mengatur isi dokumennya. Setelah seluruh dokumen sudah dilengkapi dengan perintah-perintah ALTEX, dokumen tersebut harus di-compile untuk menghasilkan output berupa dokumen yang diinginkan. Dokumen hasilnya tersebut dapat berupa dokumen dalam format *.pdf3, *.dvi4, atau *.ps

Detail E-Book:
Judul E-Book:Membuat Dokumen Dengan Latex
Tipe File:PDF
Pembuat/Penulis:Tedy Tirtawidjaja Dan Adi Asriadi
Alamat E-Mail:tedytirtawidjaja@gmail.com dan adi_a08@yahoo.com
Didistribusikan oleh:www.portalebookshare.blogspot.com

download

Dapatkan E-Book gratis terbaru langsung melalui alamat Email Anda

Perhatian

Bagaimana cara Mengunduh file E-Book di Portal E-Book Sharing, baca panduan-nya pada halaman ini
Apa itu E-Book dan Jenis - Jenisnya, silahkan Anda baca di halaman Mengenal Buku Elektronik Atau E-Book Dan Format-Nya

Apabila E-Book ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada yang lainnya melalui tombol Sosial Media yang berada di atas dari Website ini.
"Sebaik Baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain."
Informasi

Apabila Anda selaku pemilik atau penerbit merasa keberatan E-Book-nya dipublikasikan pada website ini, silahkan hubungi kami melalui halaman Kontak, kami akan segera menghapusnya.

Apabila menemukan tautan unduhan E-Book yang mati, silahkan laporkan melalui tautan ini, kami akan segera memperbaikinya.
Agar bisa membuka/mengekstrak file E-Book berupa arsip RAR atau ZIP yang sebelumnya telah diunduh, Anda bisa menggunakan aplikasi WinRar untuk Windows yang bisa diunduh disini dan aplikasi PeaZip untuk Linux, yang bisa diunduh disini

Dan untuk dapat membaca E-Book bertipe file PDF, Anda memerlukan sebuah aplikasi pembaca file PDF gratis seperti Adobe Acrobat yang bisa diunduh gratis disini, bagi pengguna Smartphone Android bisa menggunakan aplikasi seperti Adobe Acrobat For Mobile yang bisa diunduh melalui Google Play Store.

E-Book Lainnya

Selanjutnya
Sebelumnya