E-Book Panduan Gateway Lengkap

1/10/2017
E-Book Panduan Gateway Lengkap
E-Book Panduan Gateway Lengkap Kehandalan Linux sebagai operating system menjadikannya banyak digunakan sebagai server, seperti DNS server, Web server, Mail server, dll. Demikian pula sebagai gateway internet, banyak perusahaan yang walaupun masih banyak server­servernya menggunakan produk propietary namun untuk urusan gateway mereka mempercayakannya kepada Linux.

Belakangan ini Linux semakin mudah digunakan, dimana untuk menjadikan Linux sebagai gateway internet sudah sangat mudah. Beberapa distro seperti OpenSuse, Ubuntu, dan Mandriva telah memiliki menu di control centernya untuk mensetup gateway. Namun memang tetap harus diakui bahwa untuk menjadikannya sebuah gateway yang cukup lengkap dan secure masih relatif "gampang-­gampang susah". Oleh karena itu penulis berusaha menyusun panduan ini. Pertanyaannya sekarang adalah "Mengapa membuat panduan ini?" Dan "Mengapa pula menyediakannya secara free?"

Jawabannya adalah sangat pribadi. Sudah sejak lama penulis melihat di forum­-forum internet, dan mailing list Linux ada yang bertanya bagaimana caranya membuat gateway internet. Oleh karena itu, penulis terpanggil untuk membantu komunitas dengan jalan menuliskan panduan ini. Diharapkan dengan adanya panduan ini, maka daripada menghabiskan uang sampai jutaan rupiah untuk membeli produk propietary, diharapkan kita semua dapat "mulai" membuat sendiri gateway internet menggunakan Linux. Mengapa menggunakan kata "mulai"? Sebab penulis mengakui panduan ini tidaklah sempurna. Masih banyak yang harus ditingkatkan. Oleh karena itu, sangat diharapkan kelak para pembaca dapat memberikan masukan­masukan kepada penulis demi perbaikan panduan ini. Silahkan sampaikan saran/kritik di Forum Arinet (http://linux2.arinet.org).

Terima kasih kepada banyak pihak yang telah memberikan inspirasi dan dukungannya kepada penulis. Pak Bambang Gunawan, Oom Onno W. Purbo, I Made Wiryana, Pak Rusmanto, komunitas AsiaSource, Linux.or.id, dan rekan­rekan kerja di Bajau. Terima kasih pula kepada Devi istri tercinta atas pengertian dan supportnya selama ini.

Selamat mencoba.
Ilmu Pengetahuan adalah Milik Bersama.
Merdeka!

Detail E-Book:
Judul E-Book:Panduan Gateway Lengkap
Tipe File:PDF
Pembuat/Penulis:Fajar Priyanto
Alamat E-Mail:fajarpri@arinet.org
Didistribusikan oleh:www.portalebookshare.blogspot.com

download

Dapatkan E-Book gratis terbaru langsung melalui alamat Email Anda

Perhatian

Bagaimana cara Mengunduh file E-Book di Portal E-Book Sharing, baca panduan-nya pada halaman ini
Apa itu E-Book dan Jenis - Jenisnya, silahkan Anda baca di halaman Mengenal Buku Elektronik Atau E-Book Dan Format-Nya

Apabila E-Book ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada yang lainnya melalui tombol Sosial Media yang berada di atas dari Website ini.
"Sebaik Baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain."
Informasi

Apabila Anda selaku pemilik atau penerbit merasa keberatan E-Book-nya dipublikasikan pada website ini, silahkan hubungi kami melalui halaman Kontak, kami akan segera menghapusnya.

Apabila menemukan tautan unduhan E-Book yang mati, silahkan laporkan melalui tautan ini, kami akan segera memperbaikinya.
Agar bisa membuka/mengekstrak file E-Book berupa arsip RAR atau ZIP yang sebelumnya telah diunduh, Anda bisa menggunakan aplikasi WinRar untuk Windows yang bisa diunduh disini dan aplikasi PeaZip untuk Linux, yang bisa diunduh disini

Dan untuk dapat membaca E-Book bertipe file PDF, Anda memerlukan sebuah aplikasi pembaca file PDF gratis seperti Adobe Acrobat yang bisa diunduh gratis disini, bagi pengguna Smartphone Android bisa menggunakan aplikasi seperti Adobe Acrobat For Mobile yang bisa diunduh melalui Google Play Store.

E-Book Lainnya

Selanjutnya
Sebelumnya