E-Book Panduan Praktis Firewall Dengan IPTables

1/10/2017
E-Book Panduan Praktis Firewall Dengan IPTables
E-Book Panduan Praktis Firewall Dengan IPTables Saat ini rasanya hampir tidak ada komputer yang tidak tersambung ke jaringan/internet, baik itu melalui modem dialup, modem ADSL, maupun dedicated LAN. Hal ini menunjukkan pengaruh globalization di dalam beberapa dekade ini, dimana salah satu imbasnya adalah masuknya kita ke dalam 'internet society' - sebuah komunitas global yang terhubung melalui internet.

Hal ini tentu saja memberikan banyak pengaruh positif seperti makin cepatnya tersebarnya informasi dari satu negara ke negara lain, makin lancarnya transaksi bisnis lintas negara, dll. Dari sisi mikro, kini telah merupakan hal yang umum bila perusahaan berlangganan koneksi internet dedicated.

Dengan berlangganan internet dedicated, maka selain lebih ekonomis, perusahaan pun dapat lebih leluasa dan cepat di dalam mengakses informasi/kesempatan bisnis lewat internet.

Namun hal ini juga memberikan dampak negatif, atau mungkin lebih tepat kalau kita memakai istilah 'tantangan'. Mengapa tantangan? Sebab dibandingkan sewaktu munculnya era internet di tahun 1990an, kini internet telah menjadi lingkungan yang sangat kejam.

Tidak perduli apakah kita admin yang baru belajar ataupun yang sudah pengalaman, kita harus selalu waspada. Waspada dalam hal apa? Di dalam konteks ini adalah waspada di dalam mengatur siapa/apa yang boleh/tidak boleh mengakses masuk/keluar network kita.

Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi bila ada cracker yang berhasil membobol server kita. Mulai dari deface website, abuse bandwidth, sampai penghapusan data. Ini berarti kita harus selalu menjaga keamanan network dan server2 kita.

Ada banyak cara yang harus dilakukan di dalam menjaga keamanan network dan server, namun di tulisan kali ini kita akan konsentrasi membahas dari sisi firewall. Apa itu firewall? Seperti arti harafiah katanya, yaitu: 'tembok api'.

Di firewall ini kita melakukan proses penyaringan trafik network apa dan bagaimana yang kita perbolehkan/larang. Di dalam konsep networking, semua service networking (seperti web, ftp, mail, dns, dll) berjalan melalui jalur2 yang kita namakan 'port'. Masing2 service tersebut memiliki jalurnya sendiri, yaitu port2 dengan nomor tersendiri.

Detail E-Book:
Judul E-Book:Panduan Praktis Firewall Dengan IPTables
Tipe File:PDF
Pembuat/Penulis:Fajar Priyanto
Alamat E-Mail:fajarpri@arinet.org
Didistribusikan oleh:www.portalebookshare.blogspot.com

download

Dapatkan E-Book gratis terbaru langsung melalui alamat Email Anda

Perhatian

Bagaimana cara Mengunduh file E-Book di Portal E-Book Sharing, baca panduan-nya pada halaman ini
Apa itu E-Book dan Jenis - Jenisnya, silahkan Anda baca di halaman Mengenal Buku Elektronik Atau E-Book Dan Format-Nya

Apabila E-Book ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada yang lainnya melalui tombol Sosial Media yang berada di atas dari Website ini.
"Sebaik Baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain."
Informasi

Apabila Anda selaku pemilik atau penerbit merasa keberatan E-Book-nya dipublikasikan pada website ini, silahkan hubungi kami melalui halaman Kontak, kami akan segera menghapusnya.

Apabila menemukan tautan unduhan E-Book yang mati, silahkan laporkan melalui tautan ini, kami akan segera memperbaikinya.
Agar bisa membuka/mengekstrak file E-Book berupa arsip RAR atau ZIP yang sebelumnya telah diunduh, Anda bisa menggunakan aplikasi WinRar untuk Windows yang bisa diunduh disini dan aplikasi PeaZip untuk Linux, yang bisa diunduh disini

Dan untuk dapat membaca E-Book bertipe file PDF, Anda memerlukan sebuah aplikasi pembaca file PDF gratis seperti Adobe Acrobat yang bisa diunduh gratis disini, bagi pengguna Smartphone Android bisa menggunakan aplikasi seperti Adobe Acrobat For Mobile yang bisa diunduh melalui Google Play Store.

E-Book Lainnya

Selanjutnya
Sebelumnya