E-Book Panduan Inkscape Untuk Pemula

1/20/2017
E-Book Panduan Inkscape Untuk Pemula
E-Book Panduan Inkscape Untuk Pemula Inkscape adalah sebuah free software (perangkat lunak bebas) dari jenis vector drawing yang tersedia untuk GNU/Linux, Windows, dan Mac OS X. Inkscape menggunakan format berkas Scalable Vector Graphic (SVG) secara default. Inkscape bisa digunakan untuk menggambar vektor pada umumnya, seperti desain logo, poster, web, tracing, dan sebagainya. Di dalam perbandingan platform, Inkscape setara dengan CorelDRAW di platform proprietary. Merek dagang Inkscape dimiliki oleh Software Freedom Conservancy. Lisensi Inkscape adalah GNU GPL, oleh karena itu Inkscape tergolong perangkat lunak bebas. Situs resmi Inkscape adalah http://inkscape.org

Pengantar

Bismillahirrahmanirrahim,

Kepada segenap masyarakat Indonesia kami hadiahkan buku yang kami beri judul Buku Panduan Inkscape Pemula. Buku setebal 50 halaman ini ditulis secara kolaborasi melalui internet oleh 9 orang penulis dari tempat dan zona waktu yang berbeda-beda di seluruh Indonesia.

Buku ini adalah buku gotong royong yang pertama kalinya disusun oleh komunitas Inkscape Indonesia. Oleh karena itu, setiap bab di buku ini disusun berurutan sesuai kapan penulisnya mengirimkan tulisan (tidak diedit) untuk menghormati semangat gotong royong setiap penulis.

Proyek ini diumumkan pertama kali 17 Februari 2016 di IRC #ubuntu-indonesia. Kemudian pengumuman dilakukan secara terbuka di grup Facebook Inkscape Indonesia. Waktu bergulir hingga buku ini telah mencapai target sebelum deadline yakni pada 9 Maret 2016.

Inisiasi proyek buku ini diinspirasi paling banyak oleh Proyek GNU (http://www.gnu.org). Jantung Proyek GNU adalah gotong royong. Maka buku ini adalah pembuktian konsep-konsep gotong royong GNU hanya saja di bidang Inkscape dan di negara Indonesia.

Harapan kami pertama-tama, dengan adanya buku ini di internet, pembaca di pelosok Indonesia bisa mencetak buku ini untuk mengajarkan Inkscape dengan murah dan mudah. Kedua, kami harap buku ini menginspirasi komunitas-komunitas lain supaya membuat proyek buku kolaborasi yang sama untuk bidang masing-masing. Bayangkan setiap komunitas FOSS di Indonesia melakukan ini, betapa kaya panduan seputar FOSS di dalam Bahasa Indonesia nantinya.

Akhirnya, kami berterima kasih kepada seluruh pihak baik itu IRC #ubuntu-indonesia, grup Inkscape Indonesia di Facebook, grup Belajar GNU/Linux Indonesia di Telegram, Grup Belajar LibreOfce Indonesia di Telegram, seluruh individu yang menyumbangkan jerih payahnya untuk buku ini, dan segala pihak yang membantu berhasilnya gotong royong buku ini yang tidak bisa disebut namanya satu per satu.

Kami pun memohon maaf sebesar-besarnya kepada seluruh pembaca karena kami tahu buku ini jauh dari sempurna selaku kolaborasi pertama kalinya bagi kami. Saran dan kritik membangun kami harapkan.

Hormat kami,


Ade Malsasa Akbar
(Koordinator Proyek)

Buku ini disusun oleh anggota komunitas Inkscape Indonesia secara kooperasi dan kolaborasi di internet.

Adapun nama-nama penulis buku ini sebagai berikut.

1. Rofquzzaki (babisayabundar@gmail.com) (Bab 2 & Bab 3)
2. Wahyu Setiyono (teknikmint@gmail.com) (Bab 4)
3. Irfanator Odyssey (irf.neko@gmail.com) (Bab 5)
4. Taufq (3ramayana@gmail.com) (Bab 6)
5. Kukuh Syafaat (cho2@di.blankon.in) (Bab 7)
6. Ary Aldatama (ary.aldatama@gmail.com) (Bab 8)
7. Muhammad Yuga Nugraha (myugan59@gmail.com) (Bab 9)
8. Ferry Hidayat (eferryday@gmail.com) (Bab 10)

Detail E-Book:
Judul E-Book:Panduan Inkscape Untuk Pemula
Tipe File:PDF
Pembuat/Penulis:Hasil Kolaborasi Komunitas Inkscape Indonesia
Website:Tidak Tersedia
Didistribusikan oleh:www.portalebookshare.blogspot.com

download

Dapatkan E-Book gratis terbaru langsung melalui alamat Email Anda

Perhatian

Bagaimana cara Mengunduh file E-Book di Portal E-Book Sharing, baca panduan-nya pada halaman ini
Apa itu E-Book dan Jenis - Jenisnya, silahkan Anda baca di halaman Mengenal Buku Elektronik Atau E-Book Dan Format-Nya

Apabila E-Book ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada yang lainnya melalui tombol Sosial Media yang berada di atas dari Website ini.
"Sebaik Baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain."
Informasi

Apabila Anda selaku pemilik atau penerbit merasa keberatan E-Book-nya dipublikasikan pada website ini, silahkan hubungi kami melalui halaman Kontak, kami akan segera menghapusnya.

Apabila menemukan tautan unduhan E-Book yang mati, silahkan laporkan melalui tautan ini, kami akan segera memperbaikinya.
Agar bisa membuka/mengekstrak file E-Book berupa arsip RAR atau ZIP yang sebelumnya telah diunduh, Anda bisa menggunakan aplikasi WinRar untuk Windows yang bisa diunduh disini dan aplikasi PeaZip untuk Linux, yang bisa diunduh disini

Dan untuk dapat membaca E-Book bertipe file PDF, Anda memerlukan sebuah aplikasi pembaca file PDF gratis seperti Adobe Acrobat yang bisa diunduh gratis disini, bagi pengguna Smartphone Android bisa menggunakan aplikasi seperti Adobe Acrobat For Mobile yang bisa diunduh melalui Google Play Store.

E-Book Lainnya

Selanjutnya
Sebelumnya