E-Book PostgreSQL

10/31/2016
E-Book PostgreSQL
E-Book PostgreSQL PostgreSQL merupakan sebuah Object-Relational Database Management System (ORDBMS) atau Sistem Manajemen Basis data Relasional yang berorientasi Objek. PostgreSQL dikembangkan di Berkeley Computer Science Department, Universitas California. PostgreSQL dilisensikan dibawah lisensi PostgreSQL License, sebuah lisensi yang mirip dengan BSD / MIT License <>, artinya PostgreSQL menjadikannya dapat digunakan, dimodifikasi dan didistribusikan oleh siapapun termasuk oleh kita dengan gratis tanpa harus membayar lisensi (free of charge) baik untuk keperluan pribadi, pendidikan maupun komersil. PostGreSQL ini sekelas dengan MySQL atau Oracle sebagai basis data yang cukup banyak digunakan.

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh PostgreSQL, berikut kelebihannya :

  • Arsitektur PostgreSQL adalah multiproses (forking) yang menyebabkan stabilitas yang dimiliki lebih tinggi, dikarenakan jika ada sebuah proses anak yang mati tidak akan menyebabkan seluruh daemon mati walau pada kenyataanya, dulu sering terjadi.
  • PostgreSQL memiliki layanan Object Oriented seperti tipe data array yang kadang praktis untuk menyimpan banyak item data di dalam satu record atau pewarisan tabel dan tipe data. Dengan adanya fitur Object Oriented ini maka di PostgreSQL, kita bisa membuat tabel yang mewarisi definisi tabel lain.
  • Dalam kondisi load tinggi (jumlah koneksi simultan besar), kecepatan PostgreSQL sering mengalahkan MySQL untuk query dengan klausa JOIN yang kompleks, hal ini dikarenakan PostgreSQL mendukung locking di level yang lebih rendah, yaitu row.
  • PostgreSQL mempunyai tipe data geometri (seperti titik, garis, lingkaran, poligon) yang kadang sangat bermanfaat bagi aplikasi ilmiah tertentu
  • Adanya kemampuan untuk mendefinisikan sebuah field sebagai array.
  • Mempunyai fitur yang dapat menampung data spasial, sehingga ia bisa digunakan dalam pembuatan situs berbasis Web GIS untuk pemetaan dan sebagainya.
  • Dukungan terhadap banyak bahasa pemrograman seperti C, C++, Java, PHP, etc.
Di dalam artikel ini ada tiga buah E-Book. Dua E-Book berisi tentang dasar-dasar PostgreSQL. Bahasan yang dibahas pada kedua E-Book ini berisi antara lain Instalasi Postgres, Tipe Data, DDL, DML, DCL, Function, Trigger, Rule, Transaksi, Aplikasi Client, Object Orinted.

E-Book yang ketiga merupakan sebuah buku yang dibuat oleh kemenristek tentang Basis Data Spasial. Contoh implementasi penggunaan Postgres untuk situs yang Berbasis Web GIS.

Detail E-Book:
Judul E-Book:PostgreSQL
Tipe File:PDF
Pembuat/Penulis:Multi Author
Website:Tidak Tersedia
Didistribusikan oleh:www.portalebookshare.blogspot.com

download

Dapatkan E-Book gratis terbaru langsung melalui alamat Email Anda

Perhatian

Bagaimana cara Mengunduh file E-Book di Portal E-Book Sharing, baca panduan-nya pada halaman ini
Apa itu E-Book dan Jenis - Jenisnya, silahkan Anda baca di halaman Mengenal Buku Elektronik Atau E-Book Dan Format-Nya

Apabila E-Book ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada yang lainnya melalui tombol Sosial Media yang berada di atas dari Website ini.
"Sebaik Baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain."
Informasi

Apabila Anda selaku pemilik atau penerbit merasa keberatan E-Book-nya dipublikasikan pada website ini, silahkan hubungi kami melalui halaman Kontak, kami akan segera menghapusnya.

Apabila menemukan tautan unduhan E-Book yang mati, silahkan laporkan melalui tautan ini, kami akan segera memperbaikinya.
Agar bisa membuka/mengekstrak file E-Book berupa arsip RAR atau ZIP yang sebelumnya telah diunduh, Anda bisa menggunakan aplikasi WinRar untuk Windows yang bisa diunduh disini dan aplikasi PeaZip untuk Linux, yang bisa diunduh disini

Dan untuk dapat membaca E-Book bertipe file PDF, Anda memerlukan sebuah aplikasi pembaca file PDF gratis seperti Adobe Acrobat yang bisa diunduh gratis disini, bagi pengguna Smartphone Android bisa menggunakan aplikasi seperti Adobe Acrobat For Mobile yang bisa diunduh melalui Google Play Store.

E-Book Lainnya

Selanjutnya
Sebelumnya