E-Book Oracle Database

10/31/2016
E-Book Oracle Database
E-Book Oracle Database Oracle Database (Basis data Oracle) merupakan sebuah sistem manajemen basis data relasional atau biasa juga disebut Relational Database Manajemen System (RDBMS). Oracle Database ini merupakan salah satu DBMS yang paling banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar. Ini dikarenakan Oracle memang sangat cocok digunakan untuk perusahaan besar, yang dimana data yang dimiliki oleh perusahaan besar berbeda dengan perusahaan menengah atau kecil.

Oracle mempunyai sifat cross-platform (dapat berjalan di berbagai lingkungan sistem) dan Oracle Database juga mendukung pada Query SQL seperti MySQL, FirebirdSQL ataupun PostgreSQL. Ditilik dari sejarahnya, Basis data Oracle dikembangkan pertama kali oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oates lewat perusahaan konsultasinya bernama Software Development Laboratories (SDL) pada 1977. Pada 1983, SDL berubah nama menjadi Oracle Corporation sampai sekarang.

Seperti sudah dijelaskan diatas, Oracle database merupakan salah DBMS yang paling banyak digunakan oleh perusahaan besar, ada beberapa alasan yang mendasari Oracle dipilih :
  • Oracle merupakan aplikasi database client-server, mengurangi kemungkinan terjadinya kemacetan data.
  • Ukuran database yang besar dan pengaturan space. Ini adalah alasan utama mengapa oracle dipilih, bisa kita bayangkan perusahaan besar mempunyai data yang jumlah recordnya mencapa miliaran dan mempunyai ukuran yang jumlahnya mencapai ratusan giga byte atau bahkan terabyte. Oracle mampu menangani itu semua. Oracle juga mendukung pengaturan penggunaan space di harddisk sehingga ruang harddisk termanfaatkan dengan efisien.
  • Oracle mempunyai sifat multiuser, bisa menangani rewuest dari banyak user dalam suatu waktu yang sama dan mengakses data yang sama. menghindari konflik data.
  • High Transaction Processing Performance, Oracle bisa diatur agar pemrosesan database berjalan cepat walaupun jumlah transaksi sangat banyak dalam suatu waktu.
  • Oracle mempunyai manajemen keamanan yang sangat baik. Oracle mempunyai layanan untuk membatasi dan memonitor akses data.
  • Mendukung Distributed System, sebuah sistem yang memungkinkan sebuah database disimpan dalam banyak server, dan sinkronisasi secara realtime antar server.
E-Book apa saja yang ada disini? Di dalam artikel ini akan diberikan empat buah E-Book seputar Oracle.

Buku pertama mempunyai judul "Buku Pegangan Oracle Database Administrator", ditulis oleh Bapak Rohmad dan bertebal 185 halaman. Bahasan dalam E-Book ini sangat lengkap seperti konsep Oracle, cara instalasi dan konfigurasi, Administrasi (dasar & advanced), Audit, connectivity, SQL, PL/SQL, application development, Replikasi & Distributed System, Backup & Recovery, dan masih banyak lagi.

Buku kedua tentang cara bagaimana membuat form dan dihubungkan Oracle.

Buku ketiga merupakan buku yang ditujukan sebagai modul praktikum, sehingga bahasannya adalah seputar dasar-dasar oracle dan pendalaman Query SQL pada oracle database.

Buku keempat lebih seperti sebuah presentasi yang kemudian dibuat menjadi E-Book. Jadi, pada E-Book keempat sekaligus terakhir ini yang dibahas hanya poin-poin utamanya saja, tanpa penjelasan lebih rinci, walau materinya secara keseluruhan lebih lengkap.

Detail E-Book:
Judul E-Book:Oracle Database
Tipe File:PDF
Pembuat/Penulis:Multi Author
Website:Tidak Tersedia
Didistribusikan oleh:www.portalebookshare.blogspot.com
download

Dapatkan E-Book gratis terbaru langsung melalui alamat Email Anda

Perhatian

Bagaimana cara Mengunduh file E-Book di Portal E-Book Sharing, baca panduan-nya pada halaman ini
Apa itu E-Book dan Jenis - Jenisnya, silahkan Anda baca di halaman Mengenal Buku Elektronik Atau E-Book Dan Format-Nya

Apabila E-Book ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada yang lainnya melalui tombol Sosial Media yang berada di atas dari Website ini.
"Sebaik Baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain."
Informasi

Apabila Anda selaku pemilik atau penerbit merasa keberatan E-Book-nya dipublikasikan pada website ini, silahkan hubungi kami melalui halaman Kontak, kami akan segera menghapusnya.

Apabila menemukan tautan unduhan E-Book yang mati, silahkan laporkan melalui tautan ini, kami akan segera memperbaikinya.
Agar bisa membuka/mengekstrak file E-Book berupa arsip RAR atau ZIP yang sebelumnya telah diunduh, Anda bisa menggunakan aplikasi WinRar untuk Windows yang bisa diunduh disini dan aplikasi PeaZip untuk Linux, yang bisa diunduh disini

Dan untuk dapat membaca E-Book bertipe file PDF, Anda memerlukan sebuah aplikasi pembaca file PDF gratis seperti Adobe Acrobat yang bisa diunduh gratis disini, bagi pengguna Smartphone Android bisa menggunakan aplikasi seperti Adobe Acrobat For Mobile yang bisa diunduh melalui Google Play Store.

E-Book Lainnya

Selanjutnya
Sebelumnya