Modul Pelatihan GNUPlot Untuk Orang Lugu

9/28/2016
Modul Pelatihan GNUPlot Untuk Orang Lugu
Modul Pelatihan GNUPlot Untuk Orang Lugu Saat ini dalam dunia komputer di negara - negara seperti Amerika, Australia, India, Inggris, Jepang, Jerman, negara - negara Skandinavia, dan sebagainya telah berkembang dan sudah banyak orang menggunakan sistem operasi berbasis Linux, yaitu suatu sistem operasi yang bersifat 'open source'. Hal ini berarti sistem operasi tersebut bisa disalin dan diinstal dari sebuah komputer ke komputer lainnya tanpa ada pembayaran lisensi, selain itu bagi programer yang gemar 'mengutak-ngatik source code'-nya akan mendapatkan tempat yang cocok, karena hal itu bukanlah dilarang justru sebaliknya malah dianjurkan sehingga menghasilkan suatu sistem operasi yang lebih baik.

Di sisi lain, penulis merasa sudah beberapa tahun mengenal linux sebagai hobi atau penunjang kegiatan utama yaitu menimba ilmu di negeri yang serba tehnologi ini, merasa belum pernah menulis buku linux yang cukup serius. Walaupun tulisan-tulisan lepas penulis tentang Linux ada beberapa yang telah di terbitkan di internet dengan alamat URL adalah http://ngelmu.dhs.org/ atau http://pandu.dhs.org/.

Oleh karena itu sebagai rasa kecintaan kami pada Linux dan untuk menambah variasi pustaka tentang Linux yang berbahasa Indonesia, maka penulis merasa terpanggil dan memberanikan diri menguraikan sepintas tentang dunia grafik dengan software gnuplot, seperti dalam buku ini.

Buku ini dibagi menjadi beberapa bagian yang terdiri dari pengenalan gnuplot mencakup pengantar dan instalasi gnuplot; mengenal perintah gnuplot yang membahas tentang format data, contoh perintah sederhana, menyimpan tampilan gnuplot; grafik multiplot, ekstrapolasi, data multivariat. Bab berikutnya adalah membuat grafik dengan standar deviasi dan beberapa contoh aplikasi gnuplot pada bidang lainnya.

Kemudian semua uraian dalam buku ini lebih cocok digunakan bagi pemula yang belum pernah mengenal gnuplot sama sekali. Hal ini disebabkan contoh dalam penggunaannya diberikan secara mudah untuk dicerna dan sangat sederhana.

Pada kesempatan yang baik ini, penulis juga menyampaikan terima kasih kepada temen-temen seangkatan penerima beasiswa DAAD yang telah mendorong penulis memberikan semangat untuk menyelesaikan buku ini, baik berupa kritikan atau masukan yang membangun.

Selain itu penulis juga akan berterima kasih, apabila mendapatkan kritikan dan saran bersifat membangun tentang materi yang ditulis dalam buku ini guna perbaikan penulisan di kemudian hari.

Saran dan kritikan dari pembaca dapat dikirimkan melalui e-mail langsung ke penulis.

Detail E-Book:
Judul E-Book:Modul Pelatihan GNUPlot Untuk Orang Lugu
Tipe File:PDF
Pembuat/Penulis:Abe Susanto dan I Wayan Warmada
Alamat E-Mail:ABe Susanto (susanto@zfn.uni-bremen.de)
I Wayan Warmada (warmada@nakula.rvs.uni-bielefeld.de)
Didistribusikan oleh:www.portalebookshare.blogspot.com

download

Dapatkan E-Book gratis terbaru langsung melalui alamat Email Anda

Perhatian

Bagaimana cara Mengunduh file E-Book di Portal E-Book Sharing, baca panduan-nya pada halaman ini
Apa itu E-Book dan Jenis - Jenisnya, silahkan Anda baca di halaman Mengenal Buku Elektronik Atau E-Book Dan Format-Nya

Apabila E-Book ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada yang lainnya melalui tombol Sosial Media yang berada di atas dari Website ini.
"Sebaik Baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain."
Informasi

Apabila Anda selaku pemilik atau penerbit merasa keberatan E-Book-nya dipublikasikan pada website ini, silahkan hubungi kami melalui halaman Kontak, kami akan segera menghapusnya.

Apabila menemukan tautan unduhan E-Book yang mati, silahkan laporkan melalui tautan ini, kami akan segera memperbaikinya.
Agar bisa membuka/mengekstrak file E-Book berupa arsip RAR atau ZIP yang sebelumnya telah diunduh, Anda bisa menggunakan aplikasi WinRar untuk Windows yang bisa diunduh disini dan aplikasi PeaZip untuk Linux, yang bisa diunduh disini

Dan untuk dapat membaca E-Book bertipe file PDF, Anda memerlukan sebuah aplikasi pembaca file PDF gratis seperti Adobe Acrobat yang bisa diunduh gratis disini, bagi pengguna Smartphone Android bisa menggunakan aplikasi seperti Adobe Acrobat For Mobile yang bisa diunduh melalui Google Play Store.

E-Book Lainnya

Selanjutnya
Sebelumnya